Siap-siap, Polres Tulang Bawang Akan Gelar Operasi Zebra Krakatau-2020

**Sumber: Humas-Restuba, Editor: Bunk Wardi – Inipuma.com

Tulang Bawang,–Polres Tulang Bawang dan jajaran akan menggelar Operasi Kepolisian Mandiri Kewilayahan dengan sandi *Operasi Zebra Krakatau-2020*.

Kapolres Tulang Bawang AKBP Andy Siswantoro, SIK yang diwakili oleh Wakapolres Kompol Eko Nugroho, SIK, saat memimpin pelaksanaan latihan pra operasi (latpraops), di Gedung Serba Guna (GSG) Wira Satya, Mapolres Tulang Bawang menuturkan, Operasi Zebra Krakatau dilaksanakan selama 14 hari.

“Operasi Zebra Krakatau-2020 ini yang dikedepankan adalah fungsi satuan lalu lintas (satlantas) dan akan berlangsung terhitung mulai tanggal (TMT) 26 Oktober 2020 s/d 08 November 2020,”Ucap Kompol Eko Nugroho, SIK, pada Sabtu 24-10-2020 sekira pukul 09.20 WIB.

Pelaksanaan Operasi Zebra Krakatau-2020 tahun ini, Lanjut Kompol Eko, Berbeda dari Tahun-tahun sebelumnya, karena selain berlangsung di masa pendemi Covid-19, juga ada libur nasional dari tanggal 28 Oktober 2020 s/d 01 November 2020.

“Pada Operasi Zebra Krakatau-2020 kali ini, dilaksanakan dengan mengedepankan kegiatan preemtif sebanyak 40 %, preventif sebanyak 40 % dan gakkum sebanyak 20 %,”Papar Kompol Eko.

Wakapolres itu juga menjelaskan, yang menjadi sasaran penegakkan hukum (gakkum) dalam Operasi Zebra Krakatau-2020 dilaksanakan secara selektif prioritas guna mewujudkan kamseltibcar lantas, yaitu :

Pertama, pengendara yang tidak memakai helm SNI.

Dua, kendaraan barang yang memuat orang atau sebaliknya.

Tiga, kendaraan yang melawan arus.

Empat, kendaraan Over Dimension Over Load (ODOL).

Lima, pengendara yang tidak menerapkan protokol kesehatan, terutama tidak memakai masker.

“Kami melibatkan sebanyak 32 personel dalam pelaksanaan Operasi Zebra Krakatau-2020 yang akan berlangsung di seluruh wilayah hukum Polres Tulang Bawang,”tambah Kompol Eko.

“Diharapkan, kepada seluruh personel yang terlibat langsung dalam pelaksanaan Operasi Zebra Krakatau-2020 ini untuk tetap disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, yaitu 3 M + 1 T (menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir dan tidak berkerumunan).”Pungkasnya. (*)

Baca :   Wujud Hormat Pada Jasa Pahlawan, Pemkab Lampura Gelar Upacara HVN 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *