Ini Cara Pemdes Rejo Binangun Atasi Luapan Air

**Penulis: Mustangin, Editor: Bunk Wardi – Inipuma.com

Mesuji,–Meski Anggaran Pendapatan Belaja Desa (APB-des) Tahun ini Rata-rata tersedot habis untuk pembiayaan Penanganan penanggulangan wabah Corona Virus Disease (Covid-19), dan memaksa Pemerintah Desa (Pemdes) menangguhkan program prioritas pembagunan infrastruktur desa lainnya. Senin, 04-01-2021.

Namun dengan kecerdikan Pemdes Rejo Binangun, Kecamatan Simpang Pematang Kabupaten Mesuji masih bisa menyisihkan anggaran sebesar Rp 213.268.000 yang bersumber dari Dana Desa (DD) untuk membangun satu unit bangunan drainase sepanjang 290 meter.

Kepada wartawan, Kepala Desa Rejo Binangun Abdul Roni mengatakan, pembagunan Drainase yang ada di lingkungan Rukun Kampung (RK) 01 di Desanya tersebut memang sudah direncanakan sejak sebelum pandemi covid-19 terjadi.

“Sebenarnya akibat Covid-19 ini Beberapa bangunan lainnya kita tunda, karena untuk pembiayaan penanganan Covid-19 hanya sisa satu bangunan fisik berupa drainase ini, dan drainase ini tidak kita coret karena memang dibutuhkan masyarakat,”terang Abdul Roni pada Senin, 04-01-2021 melalui sambungan teleponnya.

Menurut Kades, Pembagunan drainase ini penting kerena untuk memperlancar aliran air saat hujan tiba.

“kalau hujan memang jalan RK 1 ini tidak dapat dilalui karena tergenang air, untuk itu kita harapkan pembagunan drainase ini mampu menjadi solusi warga saat musim penghujan seperti saat ini,”harapnya.

Namun begitu Tambah Kades, pihaknya juga berharap kepada masyarakat untuk berperan aktif menjaga hasil pembagunan yang ada di lingkungan Masing-masing, dengan begitu di harapkan bangunan dapat bertahan lama dan bermanfaat dalam jangka panjang. (*)

Baca :   Selain Penyebab Kerusakan Jalan, PT. BNCW Disinyalir Bodong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *