Iklim Tanah di Kabupaten Tubaba Cocok Untuk Tanaman Tembakau

**Penulis: Elman, Editor: Bunk Wardi – Inipuma.com

Tubaba,—Dinas Pertanian Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) optimis sektor pertanian tembakau bisa menjadi alternatif usaha yang menjanjikan untuk petani di kabupaten setempat. Senin, 21-Juni-2021.

Disampaikan Samsul Komar, selaku Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tubaba, meskipun butuh keterampilan khusus dalam pengembangan sektor pertanian tembakau di kabupaten Tubaba, namun selama ini sudah ada sekitar 3 sampai 4 hektar tembakau yang tumbuh subur di Bumi Ragem Sai Mangu Wawai.

“Sementara ini ada tiga jenis tembakau yang dibudidayakan petani Tubaba yaitu tembakau jenis Virginia, Kemloko, dan jenis kasturi yang dibagi ditiga kecamatan diantaranya Tulangbawang tengah, Tulangbawang Udik, dan Kecamatan Batu putih,”jelas Samsul Komar saat dijumpai diruang kerjanya. Pada Senin, 21-06-2021 sekira pukul 11-30 WIB.

Menurutnya di Provinsi Lampung, ada PT aliran swan Indonesia perusahaan tembakau yang bersedia menerima hasil tembakau jika mencukupi target yakni 20 hektar, namun Jika petani hanya mempunyai lahan tembakau kurang dari target maka para petani menjual dilokal saja.

“dari PT tersebut sudah pernah kita undang untuk mensosialisasikan kepada petani tembakau di Tubaba. Bahkan Dinas Pertanian juga pernah mengundang dan mendekatkan pasar untuk langkah penjualan dan ada dua perusahaan dari pulau jawa yang memang juga kami undang agar bisa mensosialisasikan serta memberikan Wawasan, bahkan mereka siap menampung hasil panen skala besar tembakau ketika sudah di rajang,”paparnya

Karena menurut pandangan Samsul Komar, Ada Beberapa Varietas tertentu yang sangat cocok untuk ditanami tembakau di kabupaten setempat

“Selain jangka waktu masa tanam yang singkat, iklim tanah di Kabupaten Tubaba ini sangat cocok untuk menanam tembakau,”Ujarnya.

“Untuk perawatan sampai panen hanya membutuhkan waktu sekitar 4 bulan. Oleh sebab itu, harapannya supaya petani dapat menjadikan tembakau sebagai alternatif untuk usaha pertanian di Tubaba, karena dalam bertani tembakau ini ada prospek yang sangat menguntungkan.”pungkasnya. (*)

Baca :   Sinergi Program, Kanwil Kemenag Prov. Lampung Kunker Ke Lampura

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *