DLH Lampura Akan Terus Tingkatkan TPS3R

**Penulis: Beben, Editor: Bunk Wardi – Inipuma.com

 

Lampung Utara,–Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lampung Utara ajak masyarakat untuk dapat memanfaatkan sampah, dimulai dari rumah tangga. Hal itu ditujukan untuk mengurangi tumpukan pada Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah. Selasa, 20-10-2020.

Tomi Suciadi, selaku Kepala Dinas DLH Lampung Utara menyampaikan, Kedepan pihaknya akan lebih meningkatkan sampah dengan sistem Tempat Pembuangan Sampah Resue, Reduce dan Recycle (TPS3R) dengan pengertian Mengurangi, menggunakan dan daur ulang.

“Saat ini TPS 3R ada dua titik yakni di Kembang Tanjung dan dipasar Trimodadi, ini yang menjalani KSM (Kelompok Sosial Masyarakat) dan dibangun melalui anggaran DAK pusat. Nanti kita akan kembangkan di wajah Kotabumi,” jelas Tomi dikantornya, pada selasa, 20-10-2020.

TPS3R itu sendiri, lanjut Tomi, akan dipilah berbagai sampah seperti plastik dari berbagai jenis, kaca dan lainnya. Kemudian akan diupayakan untuk dimanfaatkan.

“TPS3R ini sama fungsinya dengan bak sampah, namun didalam TPS3R sampah yang ditampung akan dikelola ada bak sampah, ada ruangan untuk komposting, pemilahan plastik, dan kita upayakan ini bisa menjadi biji plastik yang bisa dimanfaatkan.”Sambungnya.

Ia juga menghimbau, agar warga bisa mengelola sampah rumah tangga untuk dimanfaatkan kembali. Jika ada kelompok yang ingin mengelola pihaknya akan mendukung tentunya dengan koordinasi kepada pihak DLH.

“saat ini paradigma sampah itu bukan buang, gimana caranya itu dapat di manfaatkan oleh rumah tangga, kalau ada sisa yang dapat dimanfaatkan silahkan dimanfaatkan. Dengan mengurangi timbunan sampah dari rumah tangga mereka sudah membantu Pemerintah.”paparnya.

“Berdasarkan penelitian, perorang itu bisa menghasilkan sampah 4kg, jadi sekarang kita akan upaya mengurangi hal itu.”Tutupnya. (*)

Baca :   DPD II Partai Golkar Tubaba Rayakan HUT Ke-56 Partai Golkar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *