Disdikbud Lampura Gelar Art Festival & Cangget Bara

**Penulis: Beben, Editor: Bunk Wardi – Inipuma.com

 

Lampung Utara,–Berkomitmen melestarikan seni budaya, Pemerintah Kabupaten Lampung Utara menggelar Cangget Bara festival dan Kotabumi Art Festival, di aula Komplek Lapangan Tenis Kotabumi Sukung Kabupaten setempat pada jumat dan sabtu 30-31 Oktober 2020.

Agenda itu, diketahui sebagai wujud bahwa Kabupaten Lampung Utara menjadi perwakilan Provinsi Lampung Menampilkan Cangget Bara Festival pada Platform Kebudayaan Indonesia tahun 2020.

Pagelaran Cangget Bara Festival dibuka langsung oleh Plt.Bupati Lampung Utara diwakili Asisten III Efrizal Arsyad, dimana dalam sambutannya menyampaikan, Bara festival merupakan seni budaya Lampung Utara yang sudah ada sejak lama.

“Melalui Festival Kebudayaan Indonesia ini, kita bisa menyadari betapa eratnya seni budaya dengan kehidupan manusia, karena seni tidak hanya sebuah karya, akan tetapi harus mampu dikembangkan.”Ucap Efrizal.

“Kita tentunya bersyukur, seni budaya yang dimiliki bisa tampil di Indonesiana yang disiarkan langsung melalui cannel youtube, sehingga seluruh masyarakat bisa menyaksikannya,”sambung Efrizal.

Dalam giat Cangget Bara Festival malam itu, bersama-sama disaksikan video dokumenter tentang Situs budaya yang terdapat di Kabupaten Lampung Utara, antaranya, Situs Cangok Ghacak atau cagar budaya Makam Minak Trio Deso dan berbagai Tokoh lainnya, kemudian situs Keramat Teluk dan Situs Batu Kodok.

Cangget Bara merupakan tarian tradisi masyarakat wilayah Kabupaten Lampung Utara, yang dilakukan oleh para muda mudi dengan suka cita dalam menyambut malam bulan purnama tiba.

Sedangkan, Kotabumi Art festival merupakan kegiatan pagelaran seni budaya daerah yang telah rutin dilaksanakan di Kabupaten
Lampung Utara sejak tahun 2018.

Sementara itu, Plt.Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lampung Utara menyatakan, sebagaimana yang pernah di sampaikan pada acara pembukaan kemarin, bahwa seni itu tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan manusia.

Baca :   Pendaftaran Pasangan Tony-Antoni Ke KPU Lamsel Berlangsung Meriah

“Seni pada hakekatnya merupakan unsur dari sebuah budaya yang telah melekat dalam adat
tradisi, yang turut membentuk peradaban, dan
sebagai pelestari nilai-nilai luhur bangsa. Karena itu, seni tidak hanya sebagai sebuah karya yang dan nasional.”Ujar Plt.Kadisdikbud Ir.Michael Saragi.

Pemerintah Kabupaten Lampung Utara, lanjutnya, terus berkomitmen untuk
mengembangkan dan melestarikan seni budaya Daerah. Bahkan Kabupaten Lampung Utara telah tercatat ke dalam Museum Rekor Indonesia atau MURI, yaitu sebagai Kabupaten yang menggelar
acara adat Nyubuk Majew dengan peserta terbanyak.

“Berbagai upaya pelestarian budaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Utara tersebut, juga telah mendapatkan pengakuan dari Pemerintah Pusat, melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, telah memberikan pengakuan kepada daerah Kabupaten Lampung Utara, dengan memberikan 3 sertifikat Warisan Budaya Tak Benda, yaitu Nyubuk Majew, Sebambangan, dan Cangget agung.”Tambahnya.

Diketahui, Cangget Bara dan Kotabumi Art Festival Tahun 2020 merupakan media untuk mempertemukan berbagai komunitas budaya dan individu untuk berbagi ide, pengalaman dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah dalam memajukan dan melestarikan kesenian dan budaya daerah yang ada serta membangun kebersamaan antara Pemerintah dan Masyarakat dalam menghidupkan dan mengoptimalkan daerah Kabupaten Lampung Utara.

Dengan harapan akan berdampak pada pertumbuhan kreativitas dan ekonomi
Masyarakat lokal dan sekaligus peningkatan kunjungan Wisatawan domestik maupun Mancanegara terhadap daerah Kabupaten Lampung Utara Pada Cangget Bara dan Kotabumi Atr Festival Tahun 2020. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *