Bagus! Tiyuh Mengala Mas Tubaba Bangun Sumur Bor di Wilayah Tiyuh Panaragan

**Penulis: Tim, Editor: Bunk Wardi – Inipuma.com

Tubaba,–Muncul Beberapa dugaan permasalahan dalam penggunaan Dana Desa (DD) di Tiyuh (desa) Menggala mas Kecamatan Tulangbawang Tengah, Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) tahun 2021. Kamis, 24-Juni-2021.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dilapangan, Tiyuh Menggala Mas menganggarkan dana senilai 40an juta rupiah lebih untuk membangun satu unit sumur bor dari DD tahun 2021. Namun anehnya sumur tersebut dibangun bukan di Wilayah Tiyuh setempat, melainkan di Tiyuh lain.

“Kami disini ada lima KK dan memang benar kami masih Warga Tiyuh Menggala Mas, namun kalau bicara soal Wilayah disini masuk Tiyuh Panaragan,”beber warga sekitaran sumur Bor milik Tiyuh Menggala Mas tersebut saat dijumpai awak Media Beberapa Hari yang lalu.

Sementara disisi lain, kurang sekitar 4 orang Warga Tiyuh Menggala Mas yang pernah terpapar positif Covid-19, namun hingga saat ini Warga tersebut belum diberikan bantuan berupa apapun meskipun hal itu sudah dianggarkan di DD tahun 2021.

“Benar tahun ini Warga di Menggala Mas terkena covid-19 dan memang belum ada bantuan apapun baik dari Pemerintahan Tiyuh maupun dari Pemerintahan Kabupaten Tubaba, dua diantaranya masuk warga saya,”ucap Junaidi salah satu kepala suku Tiyuh setempat saat dijumpai dikediamannya.

Sementara saat dijumpai diruang kerjanya Carik (juru tulis) Menggala mas membenarkan tentang pembangunan sumur bor yang berada dilingkungan Tiyuh Panaragan dan membenarkan bahwa warga yang terpapar Covid-19 belum diberikan bantuan.

“Ya memang pembangunan sumur bor tahun ini senilai kurang lebih 40 juta rupiah dilingkungan Tiyuh Panaragan dan warga yang terpapar Covid-19 disini belum diberikan bantuan, namun untuk lebih jelasnya nanti Kepala Tiyuh saja yang menjelaskannya, sebab dia yang lebih berhak untuk memberikan penjelasan,”terangnya.

Baca :   SMAN 01 Tuba Tengah Terapkan Ini Dalam KBM

Menyikapi persoalan tersebut, Ashari selaku Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Aparatur Pemerintahan Tiyuh pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Tiyuh (PMD-T) Kabupaten Tubaba mengatakan, Secara hukum Administrasi Pembangunan tersebut tidak dibenarkan.

“Logikanya saja kenapa Tiyuh Menggala Mas membangun di Lingkungan Administrasi Tiyuh Panaragan, jelas ini tidak bisa dibenarkan,”Ujar Ashari saat dijumpai diruang kerjanya.

Sementara Sulminadi selaku Kepala Tiyuh Menggala Mas hingga berita ini ditayangkan belum berhasil dikonfirmasi terkait Beberapa persoalan yang terjadi di Tiyuh yang dipimpinnya itu. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *