Bupati Lambar Ambil Sikap Atas Keluhan Warganya

**Penulis: Riyan/Lefti, Editor: Bunk Wardi – Inipuma.com

 

Lambar,–Bupati Lampung Barat (Lambar) H.Parosil Mabsus respon terkait keluhan masyarakat atas dampak dari Keberadaan Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM).

Keseriusan Orang Nomor Satu di Kabupaten Lambar tersebut dengan secepatnya akan memanggil pihak PT. Tiga Putra Oregon Pengelola PLTM untuk koordinasi terkait jalan rusak dan longsor yang diakibatkan pembangunan PLTM. Selasa, 02-02-2021.

Seperti diketahui, Pembangunan PLTM di Dusun Tabak, Pekon Balak dan Dusun Way Kuwol, Pekon Kegeringan Kecamatan Batubrak Kabupaten Lambar itu sudah berjalan lebih kurang selama 2 tahun.

Akibat adanya pembangunan tersebut Masyarakat merasa dirugikan, karena dalam pembuangan itu material tanah dan batu justru mengakibatkan longsor di perkebunan milik warga sekitar.

Nurdin, salah seorang warga pemilik kebun yang terkena dampak longsor menjelaskan, Dirinya bersama Warga lainnya meminta ganti rugi, apalagi dengan adanya pembukaan badan jalan dan pembuangan material tanah dan batu ke kali membuat tanah kebun menjadi miring dan longsor.

“Yang jelas kami sudah puluhan tahun disini, meskipun hujan berbulan-bulan tidak pernah mengalami longsor, namun semenjak adanya aktivitas PT.TIGA PUTRA OREGON. Justru membawa dampak longsor,”Jegasnya.

Dengan adanya keluhan dari Warga tersebut, Bupati Parosil Mabsus saat meninjau lokasi meminta Masyarakat tidak boleh dirugikan atas adanya pembangunan PLTM oleh PT. Tiga Oregon Putra.

“Pada prinsipnya, pembangunan PLTM tidak boleh berhenti, karena untuk mendatangkan Investor bukan hal yang mudah, Perusahaan ini tidak boleh terhambat, tapi masyarakat saya jangan sampai di rugikan,”Ungkapnya.

Sementara itu, Kehadiran Bupati Parosil dan Beberapa Pejabat yang diantaranya Kadis PUPR, Kepala DLHKP, Kadis PTSP dan Dinas terkait lainnya karena adanya keluhan masyarakat dengan jalan yang rusak akibat intensnya mobil pengangkut material dan lahan perkebunan warga yang rusak tergerus sungai.

Sebagai tindak lanjut dari hal itu, rencananya Bupati Parosil dalam waktu dekat ini akan segera memanggil pihak PT untuk Memediasi persoalan yang selama ini dikeluhkan oleh masyarakat, sehingga baik perusahaan maupun masyarakat tidak ada yang di rugikan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *