Rincian Biaya Wisuda Tidak Transfaran, Mahasiswa/i jurusan Ners Umitra Bandar Lampung Menjerit

** Penulis: Tim, Editor: Bunk Wardi – Inipuma.com

Bandar Lampung,–Mahasiswa/i Fakultas kesehatan jurusan ners di Universitas Mitra Indonesia (UMITRA) Bandar Lampung keluhkan mahalnya biaya Wisuda. Jum’at, 23-Oktober-2020.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Beberapa Mahasiswa/i Umitra khususnya jurusan ners, keluhan itu bukan tanpa dasarkarena dana yang diminta pihak kampus sebesar 2,850,000 per/mahasiwa/i, sementara mereka sudah membandingkan biaya Wisuda yang dibebankan kepada mereka sangat jauh berbeda dan terbilang mahal dari Mahasiswa/i di Universitas lain dan tidak transparan, bahkan untuk rincian biaya juga tidak diberikan.

Dihubungi melalui via WhatsAppnya, Andi Surya selaku Ketua Yayasan Umitra tidak berkomentar banyak, dirinya mengarahkan untuk konfirmasi dengan pihak Kampus.

“Saya lagi di Jakarta, coba konfirmasi dengan pihak kampus. Ada Humas UMITRA Pak Agus Setiyo,”Singkatnya sembari mengirimkan Nomor HP Humas Umitra pada Jum’at, 23-Oktober-2020 sore.

Saat dihubungi, Agus Setiyo Humas Umitra menjelaskan, Terkait biaya wisuda sudah disampaikan ke Mahasiswa/i yang akan melakukan biaya wisuda.

“Karena biaya wisuda tersebut bukan hanya biaya wisuda, tetapi sudah inlude biaya cetak skripsi, toga, yudisium, biaya copy legalisir ijazah dan transkrip, foto, CD wisuda, face shield marker dan protokol covid-19, serta biaya wisuda, karena mahasiswa sebagian besar menginginkan prosesi wisuda secara luring,”Jelas Agus.

Saat ditanyakan apakah ada kebijakan dari pihak Umitra atas keluhan tersebut, Agus menyampaikan kalau di Umitra sangat toleransi dan memahami kondisi saat ini, dicontohkannya seperti biaya UKT yang bisa diangsur setiap bulan.

“Begitu pula biaya wisuda ini, Beberapa waktu yang lalu kami sudah umumkan dan sekaligus memberikan himbauan untuk mengangsur biaya wisuda sehingga saat hari H tidak memberatkan,”Ucapnya.

Uniknya, pernyataan yang disampai bagian Humas Umitra tersebut dibantah secara tegas oleh Mahasiswa/i Jurusan ners, karena menurut mereka pernyataan itu tidak sesuai dengan kenyataan.

“Kami ners tidak ada cetak, sebab kami cetak sendiri, biayanya cuma abis 150 ribu, masker face shield berapa sih kan murah, dan Biaya sebanyak itu dengan omongan segitu saja sebenarnya tidak masuk diakal banget,”cetus mereka.

Lebih lanjut mereka juga menuturkan, Khusus Jurusan Ners rincian yang disampaikan itu kurang pas.

“Yudisium kami tidak ada karena yudisium kami tidak pakai, sementara Angkat sumpah kami bayar sendiri 500 di luar biaya wisuda, terus sama Gedung wisuda di Grasa surya, punya yayasan sendiri, kalaupun sewa Gedung mungkin tidak semahal sewa Gedung umum yang lainnya, maka kami protes itu perincian biaya tidak jelas,”Tutur mereka.

“Intinya kami minta kebijakan untuk di turunkan biaya itu, karena tidak ada yang setuju biaya segitu banyaknya, ditambah lagi khusus wisuda Kami tidak diminta keputusan. Tiba-tiba bilang 80%
bisa, itu hasil 80% dari mana, sebab dari 124 Mahasiswa/i tidak ada yang di minta keterangan.”Tutup mereka. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *