Modus Kasus Yang Menimpa Kadis PMD Tubaba Disinyalir Terstuktur

**Penulis: Tim, Editor: Bunk Wardi – Inipuma.com

Tubaba,–Kepala Tiyuh (Desa) di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) membeberkan modus korupsi Dana Desa yang ditenggarai melibatkan Miral Hayadi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa/Tiyuh (Kadis PMD) setempat.

Menurut para Kepala Tiyuh, sebanyak 93 Tiyuh se-Tubaba Masing-masing setor Rp 20 juta rupiah per-tiyuh dari DD tahun 2019 lalu, yang mana kala itu Bagian Administrasi Wilayah atau Adwil (Sebelum peleburan OPD) yang membidangi DD membuat program Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa.

Modusnya, pembayaran dilakukan via transfer Bank dan juga pembayaran langsung kepada panitia pelaksana kegiatan yang dibentuk oleh Bagian Adwil.

Dari informasi yang dihimpun itu, ada dua kali kegiatan pada tahun 2019 kemarin yang berlangsung di Hotel Novotel dan Hotel Horizon Bandar Lampung. Masing-masing pada bulan Mei dan bulan September 2019.

Pada kegiatan pertama, Bendahara Tiyuh setor uang Rp10 juta melalui transfer, kemudian pada kegiatan kedua senilai Rp 10 juta disetorkan secara langsung kepada panitia pelaksana kegiatan saat tiba di Hotel.

Nasimin, Kepala Tiyuh Marga Sari mengungkapkan, pelatihan seputar kegiatan Peningkatan Kapasitas Aparatur Tiyuh tahun 2019.

“Kegiatan tersebut dilakukan dua kali yaitu, simpades dan siskudes. Kegiatan tersebut dianggarkan 10 juta per kegiatan, dan dananya di setorkan dengan cara ada yang di transfer ada yang diserahkan langsung kepada panitia di Sekretariatnya disana,”jelasnya kepada wartawan pada Kamis, 15-Oktober-2020 kemarin.

Dikatakan pula oleh Hendarwan, Kepala Tiyuh Pulung Kecana Kecamatan Tulangbawang Tengah. Dijumpai diruang kerjanya, dirinya mengungkapkan jika Rp20 juta itu dianggarkan dari DD sesuai dengan arahan Bagian Adwil Setdakab Tubaba kala itu.

“Kegiatan tersebut berupa Peningkatan kapasitas aparatur tiyuh tahun 2019 yang dilakukan Dua kali dalam tahun 2019, per satu kegiatan nya 10 juta, pelatihan seskudes dan simpades,
Seskudes pembayarannya melalui rekening, simpades pembayaran melalui dua jalur ada yang dengan panitia di hotel, ada juga yg di transfer,”Tutur Hendarwan.

Begitu juga diungkapkan oleh, Junan Kepala Tiyuh Margo Mulyo Kecamatan Batu Putih yang sama persis dengan apa yang disampaikan oleh kepala Tiyuh lainnya.

“Kegiatan Peningkatan Kapasitas Aparatur Tiyuh tahun 2019 kemarin itu 2 kali pertemuan di hotel Horison untuk anggaranya sebesar 10 juta, dan uangnya di setorkan kepada pihak ketiga, sistem penyetorannya ada yang langsung dan ada yang melalui transfer.”Pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *