Dosen Jurusan Bisnis dan Kewirausahaan UNM Gelar Pelatihan Bisnis Online

*Laporan Wartawan Inspiratif.co.id, Andika Isma – Sulawesi Selatan

Makassar – Ditengah Suasana Pandemi Covid-19 saat ini, tim Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Jurusan Bisnis dan Kewirausahaan Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Pelatihan Kepada Mahasiswa Prodi Kewirausahaan.

Kegiatan PKM yang diketuai oleh Dr. Muhammad Rakib, S.Pd.,M.Si dan Dr. Agus Syam, S.Pd.,M.Si serta Dr. Ir. Hj .Marhawati masing-masing sebagai anggota ini mengusung tema “PKM Pelatihan Merancang Bisnis Online Bagi Mahasiswa di Era Pandemi Covi-19”. Kegiatan ini dilaksanakan secara Daring dan diikuti oleh 30 peserta.

Pelatihan ini bertujuan untuk melatih dan memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi mahasiswa dalam menjalankan bisnis secara daring. Terlebih lagi, dimasa pandemi Covid ini usaha bisnis secara daring trend nya sedang mengalami peningkatan.

Meski dilaksanakan secara full daring, namun antusiasme peserta tetap tinggi dalam mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir.

Dr. Muhammad Rakib, S.Pd., M.Si, Ketua Tim PKM menjelaskan bahwa bisnis online dan star-Up saat ini menjadi salah satu tumpuan perekonomian masyarakat. Terlebih lagi dimasa pandemi dan new normal saat ini masyarakat diharuskan beraktivitas di rumah saja.

“Bisnis Online saat ini mengalami peningkatan yang cukup tinggi, terlebih dimasa pandemic ini kita dibatasi untuk berkegiatan diluar rumah, sehingga mengharuskan kegiatan perekonomian juga dilaksanakan secara daring”, Ujarnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa mahasiswa saat ini memiliki peluang yang sangat besar dalam mengembangkan dan merintis usaha sejak dini. Mahasiswa sebagai bagian dari generasi millennials saat memiliki peluang yang sangat besar dalam mengembangkan star-Up dan Bisnis Online.

Memulai usaha bisnis saat ini tidak cukup hanya mengandalkan modal keberanian semata. Tetapi harus disertai dengan Inovasi dan Kolaborasi serta kecepatan dalam mengakses serta mengupdate informasi. Ketiga hal ini lah yang banyak dimiliki oleh mahasiswa dan anak muda saat ini.

“Memulai dan menjalankan bisnis saat ini tidak melulu harus mengutamakan modal yang besar, tetapi harus disertai dengan kretaivitas dan kemampuan berinovasi, berkolaborasi dengan sesame teman serta kemampuan dalam mengakses IT”, tutupnya.

Peserta pelatihan ini sangat antusias dan mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini. Kebanyakan dari peserta yang mengikuti kegiatan ini telah memiliki bisnis dan usaha sehingga sangat terbantu dengan adanya pelatihan ini. Mereka berharap pelatihan ini bisa menjadi bantu loncatan dalam mengelola dan mengembangkan bisnis kedepannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *