Dinas Perkimta Tubaba Berikan Bantuan Kepada Warga di Wilayah Kumuh

* Laporan: Wardi Saputra – Inspiratif.co.id

Tubaba — Dinas Perumahan Pemukiman Dan Pertanahan (Perkimta) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) salurkan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Enam Kelurahan/Tiyuh yang dinyatakan masuk wilayah kumuh. Kamis, 17-September-2020.

Adapun Wilayah kumuh yang dimaksud, di Kecamatan Tulangbawang Tengah diantaranya, Kelurahan Panaragan Jaya, Kelurahan Mulya Asri, Tiyuh Pulung Kencana, Bandar Dewa dan Tiyuh Menggala Mas dan Kelurahan Daya Murni Kecamatan Tumijajar sesuai dengan peraturan Bupati nomor 155 tahun 2014 tentang penetapan lokasi perumahan kumuh dan permukiman kumuh.

Ir. Abdul Sani, selaku Kepala Dinas Perkimta Tubaba melalui Sekretarisnya Singgih Prasetyo menyampaikan, saat ini pihaknya tengah merealisasikan kepada penerima bantuan (PB) sebanyak 104.

“Dari 104 PB itu diantaranya, Kelurahan Panaragan Jaya sebanyak 15 KK, Kelurahan Mulya Asri 20 KK, Tiyuh menggala mas 15 KK, Tiyuh Bandar Dewa 15 KK, Tiyuh Pulung Kencana 19 KK dan Kelurahan Daya murni sebanyak 20 KK,”Jelas Singgih saat dijumpai di ruang kerjanya pada Kamis,17-September-2020.

Selanjutnya, Singgih menjelaskan, Bantuan tersebut senilai 17.500.000, (Tujuh belas Juta Lima Ratus Ribu Rupiah), yang diperuntukan untuk meterial sebesar 15 juta dan untuk biaya Tukang (Upah) sebesar 2,5 juta.

“Dalam pencairan Tahap pertama dan Kedua, harus menggunakan laporan dari pembelanjaan yang mereka beli di toko bangunan, karena itukan untuk material dan pencairan yang terakhir itu diperuntukan untuk Tukang,”Ujarnya.

Saat disinggung untuk kriteria PB, Singgih menuturkan, bagi PB harus memiliki tanah atas nama sendiri yang dibuktikan dengan surat menyuratnya.

“Tapi kita juga tetap melihat dari situasi rumahnya, apakah layak huni atau tidak dan yang pasti PB harus ada dana untuk Swadaya, karena ini adalah bantuan yang untuk berswadaya,”Tuturnya.

Untuk itu, Singgih berharap, semoga dengan bantuan tersebut bisa bermanfaat bagi warga masyarakat Tubaba khususnya kepada PB dan bisa di gunakan sebaik mungkin serta bisa diselesaikan tepat waktu yakni pada Akhir Bulan September 2020. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *