Pelayanan Adminduk Disdukcapil Lampura Dilakukan Online, Ini Nomor Pelayanan

*Laporan ; Berkhin.S – Inspiratif.co.id

Lampung Utara, – Ditengah Pandemi Covid-19 yang melanda tahun 2020 ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lampung Utara, tetap bergerak maksimal dalam melakukan pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) untuk warganya.

Pelayanan Adminduk kali ini dilakukan secara online guna memutus penyebaran Covid-19, mengingat pula kantor Disdukcapil selalu ramai didatangi Masyarakat guna kepengurusan Adminduk.

Maka itu untuk masyarakat yang ingin melakukan perekaman KTP El dan KIA (Kartu Identitas Anak) bisa langsung ke kantor Disdukcapil, dengan jumlah terbatas, hal ini dilakukan demi keamanan dan kenyamanan bersama.

“Kita harapkan Masyarakat bisa memanfaatkan pelayanan online kita. Untuk nomor kontak person pelayanan sudah kita sebar ke seluruh Kecamatan maupun melalui media sosial,” jelas Maspardan saat dikonfirmasi Radar Kotabumi, senin 14 september 2020.

Selama masa pelayanan secara langsung di tutup sementara Masyarakat yang hendak mengurus dokumen kependudukan dapat menghubungi kontak person melalui pesan Whatsapp.

Untuk KTP Elektronik yang sudah melakukan perekaman di Kecamatan dapat menghubungi kontak person yakni 082180805499.
Kemudian untuk Kartu Keluarga 082184701913, Akta Kelahiran 082282042367, Pindah Datang Penduduk 08127225889, Akta Kematian 082282042367, Akta Perkawinan/Perceraian 082280026482 dan untuk pengaduan, konsolidasi/aktivitas data dan NIK pada lembaga pengguna dapat menghubungi kontak person 082372275566.

“Semua akan di respon oleh para operator pelayanan. Jika berkas sudah jadi selain dari KK dan Akte yang bisa dicetak secara langsung oleh Masyarakat bisa diambil ke kantor Disdukcapil. Nanti operator akan menginformasikannya ke Masyarakat,” papar dia.

Bagi Masyarakat yang ingin melakukan perekaman terus Maspardan, diwajibkan menggunakan Masker, harus mencuci tangan terlebih dahulu sebelum masuk kantor dan Menjaga jarak.

Selain itu Masyarakat juga tidak diperkenankan untuk membawa anak-anak ke kantor Disdukcapil. Jika Masyarakat tidak mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan maka tidak akan dilayani.

“Uruslah dokumen kependudukan. Namun jika belum mendesak sebaiknya kita tunda hingga Covid-19 mereda. Namun jika mendesak bisa menghubungi operator masing-masing atau datang ke kantor,” himbaunya.

Sementara ditambah Sekretaris Disdukcapil Lampura Tien Rostina, ia meminta Masyarakat untuk memanfaatkan pelayanan online dari Disdukcapil.

Permohonan dapat dilakukan secara online, Masyarakat cuku memfoto berkas-berkas guna kepengurusan Adminduk yang di tuju. Nanti petugas dari Disdukcapil akan memproses.
Setelah di cetak, nanti akan diumumkan oleh petugas melalui WA, FB atau IG yang diterakan oleh Masyarakat. Nantinya masyarakat akan mengambilnya melalui loket yang sudah disiapkan dan harus menggunakan protokol kesehatan.

Untuk perekaman KTP-El sendiri dibatasi yakni hanya 20 orang saja per harinya.”Masyarakat tetap di rumah, biarkan kami yang bekerja untuk membuat Adminduk. Jika hendak mengambil berkas di kantor Disdukcapil silakan gunakan protokol kesehatan,”pungkasnya.

Foto, Kadisdukcapil Lampura Maspardan saat meninjau operator pelayanan online guna kepengurusan berkas adminduk, Senin 14 September 2020.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *